-->

Daftar Lengkap Nama Gunung di Papua Beserta Penjelasan Singkatnya

Daftar-Informasi.Web.Id - Papua merupakan provinsi terluas di Indonesia yang terletak di sebelah tengah Pulau Papua atau lebih mudahnya di bagian paling timur wilayah Papua Indonesia. Sebelah timur dari Pulau Papua merupakan negara Papua Nugini yang juga merupakan negara tetangga dari negara kita. Pulau Papua sebelumnya bernama Irian Jaya yang mencakup seluruh wilayah Papua bagian barat. Sejak tahun 2003, dibagi menjadi dua provinsi dengan bagian timur masih menggunakan nama Papua sedangkan bagian baratnya menggunakan nama Papua Barat. Papua mempunyai luas 808.105 km persegi serta merupakan pulau paling besar kedua di dunia serta paling besar di Indonesia.

Kabupaten Puncak Jaya merupakan kota paling atas di pulau Papua, sedangkan kota yang terendah merupakan kota Merauke. Sebagai daerah tropis serta wilayah kepulauan, pulau Papua mempunyai kelembapan udara relative lebih tinggi yang berkisar antara 80-89%. Dengan kondisi geografis yang bervariasi ini mempengaruhi kondisi penyebaran penduduk yang tak merata. Pada tahun 1990 penduduk di pulau Papua berjumlah 1.648.708 jiwa serta meningkat menjadi kurang lebih 2,8 juta jiwa pada tahun 2006. Dengan ketinggian 4.884 m, Puncak Jaya merupakan puncak paling atas di Indonesia sekaligus di Oseania. 

Dari sisi geografis Pulau Papua memiliki banyak gunung, entah itu gunung yang masih aktif maupun yang sudah mati. Berikut daftar gunung-gunung yang berada di Pulau Papua dan penjelasan singkat berdasar ketinggian dan karakteristiknya :


1. Gunung Puncak Carstenz Pyramid (4,884 m.dpl) 

Daftar Lengkap Nama Gunung di Papua Beserta Penjelasan Singkatnya
Puncak Carstenz Pyramid

Puncak Jaya alias Carstensz Pyramid ialah suatu puncak yang menjadi wilayah dari Barisan Sudirman yang tersedia di Provinsi Papua, Indonesia. Puncak Jaya memiliki ketinggian 4.884 m serta di sekelilingnya terdapat gletser Carstensz, dimana merupakan satu-satunya gletser tropika di Indonesia, yang kemungkinan besar segera bakal lenyap terkena dampak pemanasan global. Puncak ini merupakan gunung yang paling tertinggi di Indonesia dan kawasan Oceania. Puncak Jaya merupakan salah satu dari tujuh puncak tertinggi di dunia. Puncak Jaya (4,860 m.dpl)

2. Puncak Trikora (4,730 m.dpl) 

Gunung di Papua Beserta Penjelasan Singkatnya
Puncak Trikora

Puncak Trikora atau juga bisa disebut Ettiakup merupakan salah satu gunung yang terdapat di Papua Barat, Indonesia. Puncak Trikora memiliki ketinggian dengan tinggi 4,751 meter, menjadikannya sebagai gunung paling tinggi ketiga di Indonesia seusai Puncak Jaya serta Puncak Mandala. Puncak Trikora memiliki kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, serta Hutan Ericapimpinanus atau bisa disebut hutan gunung. Di jaman pemerintahan Belanda gunung ini dikenal dengan nama Wilhelminatop (Puncak Wilhelmina).

3. Puncak Idenburg (4,643 m.dpl)

4. Gunung Dom (1,332 m.dpl)

5. Gunung Derabaro (4,150 m.dpl)

6. Gunung Yamin (4,595 m.dpl)

7. Gunung Yaramamafaka (3,370 m.dpl)

8. Gunung Redoura (3,083 m.dpl)

9. Gunung Togwomeri (2,680 m.dpl)

10. Puncak Mandala (4,640 m.dpl)

Gunung di Papua Beserta Penjelasan Singkatnya
Puncak Mandala
Puncak Mandala (pada masa penjajahan Belanda dikenal sebagai Julianatop atau bisa disebut Puncak Juliana) adalah salah satu gunung di Papua, Indonesia. Dengan ketinggian 4.760 m, Puncak Mandala adalah gunung paling tertinggi ke-2 di Indonesia seusai Puncak Jaya. Puncak Mandala membentuk bagian Pegunungan Bintang bagian timur serta berada dekat perbatasan Papua Nugini. Ngga Pilimsit(4,717 m.dpl)

11. Gunung Foja (1,800 m.dpl)

12. Gunung Cyrcloop (2,034 m.dpl)

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_gunung_di_Pulau_Papua

Untuk Navigasi Lengkap Silahkan Kunjungi Peta Situs


Baca Juga:

Langganan Via Email

Posting Komentar

Copyright © | by: daftar-informasi.web.id